-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"

SITUMORANG LUMBAN NAHOR




MARGA SITUMORANG LUMBAN NAHOR

Situmorang Lumban Nahor adalah Keturunan dari Tuan Situmorang dimana Situmorang Lumban Nahor berkampung di Sirait, dan Dari sana keturunan Situmorang Lumban Nahor menyebar ke Urat, lontung, Laguboti, sabulan, Sipultak dari sana sampai kepenjuru Dunia.

Silsilah Marga Situmorang Lumban nahor memiliki struktur keturunan. Keturunan marga Situmorang Lumban nahor ini dibentuk atas perkembangan yang menikah pada marga lain. Dalam hubungan organisasi marga Situmorang Lumban nahor terbentuklah suatu struktur yang mendasari adanya Silsilah marga Situmorang Lumban nahor.

SEJARAH
 
Situmorang Lumban Nahor memiliki 2 anak yaitu 1) Tangkaulubalang dan 2) Namorapanaluan Setelah Lumbannahor meninggal, timbullah perselisihan antara Tangkaulubalang dengan adiknya Namorapanaluan. Pemicu pertengkaran adalah soal pembagian rumah dan kerbau warisan orangtua. Karena perselisihan itu, Namorapanaluan kemudian pergi merantau ke lembah Toba. Di Toba beliau kemudian menikahi putri dari marga Manurung. Setelah beberapa lama, Namorapanaluan kemudian meninggalkan daerah Toba. Sendirian beliau mengembara hingga kemudian tiba di Sipultak Humbang. Di Humbang beliau meminang seorang putri bernama si Borutambunmulia, putri dari marga Sihombing. Padahal putri tersebut telah dijodohkan dengan anak orang lain. Karenanya orangtua sigadis menolak pinangan Namorapanaluan. Di sisi lain, kerabat lain sigadis yakni Ompu Lobi Sihombing (anak dari Datu Galapang) bersedia menerima pinangan Namorapanaluan. Berkat bujukan kerabatnya, orangtua sigadis akhirnya merestui hubungan tersebut. Maka jadilah Namorapanaluan menikahi si Borutambunmulia. Sebagai pertanda, orangtua si Borutambunmulia memberikan ukiran patung tiga ayam-ayaman yang terbuat dari kayu serta sebuah tongkat “tunggalpanaluan”. Beberapa waktu kemudian lahirlah seorang anak bagi Namorapanaluan dari boru Sihombing tersebut. Setelah kelahiran anaknya tersebut, berangkatlah beliau dengan mengusung keluarganya kembali ke kampung orangtuanya, kampung Sirait di Pulau Samosir. Turut serta dibawanya ketiga patung ayamayaman dan tunggalpanaluan tersebut. Dari kisah tersebut dinyatakan bahwa Kampung Sirait adalah kampung orangtua dari Namorapanaluan. Artinya kampung dari Lumbannahor. Kurang jelas apakah Kampung Sirait dibangun oleh Lumbannahor atau ayah dari Lumbannahor yakni Ompu Ambolas atau oleh ompungnya Panopa Raja. 

TUGU SITUMORANG LUMBAN NAHOR

0 komentar:

Post a Comment

;}

Support

VIDEO

SPEKTAKULER