-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"

Siboru Langgatan Situmorang


 LAGENDA BORU SITUMORANG DISIGARANTUNG

Konon, Siboru Langgatan Situmorang ini lahir tanpa melalui persetubuhan dari rahim seorang perempuan bermarga Sitompul yang berasal dari Pahae, Tapanuli Utara. 
Dahulu kala, kata Marianus, Raja Dapoton Situmorang Sirongo menjemput paribannya Boru Sitompul dari Pahae karena tengah berbadan dua, namun tidak melalui perkawinan secara biologis. 
Oleh karena itu, Raja Dapoton Situmorang Siringo akhirnya menikahi paribannya itu, hingga akhirnya lahirlah Siboru Langgatan Situmorang. 

Sejak kelahiran putri Siboru Langgatan ini, Raja Dapoton kemudian memiliki anak bersama istrinya dari hasil perkawinan biologis. Konon diyakini jika putri Siboru Langgatan adalah titipan sang pencipta.

Dia dibesarkan oleh ayah dan ibunya disigarantung sampai besar, tibalah saatnya untuk menikah. ada satu orang paribannya yang datang dari tomok kerumah Raja Dapotan Untuk meminang Siboru Langgatan  dan Siboru Langgatan menolaknya. Pada suatu hari Orang Tua Siboru Langgatan meminta untuk menikah sama tunangannya sehingga Siboru Langgatan mengindahkan permintaan Orang Tuanya.

Pada suatu hari tibalah waktu yang indah yang disepakati bersama untuk menikah dan Siboru Langgatanpun bersama tunangannya diberangkatkan Orang tuanya ke Tomok, di dalam perjalanan terjadilah yang tidak diinginkan sehingga tunangannya meninggal dan Siboru Langgatan kembali kerumahnya disigarantung.

Sesampai dirumah semua orang bertanya-tanya kepada Siboru Langgatan dan orang tuanya dan Siboru Langgatan mengurung dirinya dikamar sambil berdoa.


Orang tua dari tunangannyapun datang kesigarantung serta membawa rombongan untuk meminta pertanggung jawaban kepada Siboru Langgatan, padahal tunanggannya itu anak tunggal.


Siraja Dapotan pun mengumpulkan raja-raja bersama rombongan tunangannya itu dan disepakati untuk membunuhnya.

Siboru Langgatan dibawa atas jurang dan ada mata air yang besar, disanalah Siboru Langgatan direncanakan dibunuh. para raja raja memrintahkan para algojo untuk membawa kayu bakar serta Kuali besar. para algojo tersebut memasak air di kuali dan api besar, kemudian raja-raja memerintahkan algojo untuk memasukkannya ke air panas didalam Kuali tersebut, Siboru Langgatan menurutinya.

diatas Kuali Siboru Langgatan berdoa dan meminta Oppu mulajadi Nabolon untuk membantunya, dalam sekejap turun Embun dan Gemurau disertai petir, akhirnya terjadilah Bencana besar dilokasi tersebut dan terbelah kuali, semua algojo dan raja-raja mati tersabit-sabit dan  Siboru Langgatan menjadi sakti mandraguna dan Siboru Langgatan Situmorang membuat mata air bersih dilokasi sebagai kenangan untuk semua orang.


0 komentar:

Post a Comment

;}

Google.com

Support

VIDEO

SPEKTAKULER