-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"
close

Thursday, 18 April 2019

Cara menggunakan Adobe Photoshop Cs dan Macromedia Dreamweaver MX 2004 untuk Membuat Kreasi Website Pantastis /How to use Adobe Photoshop Cs and Macromedia Dreamweaver MX 2004 to Create a Creative Website Creation




1. Project 1 : Website "My Diary"





Ada banyak alasan mengapa orang membuat website pribadi. Antara lain, mereka ingin agar tulisan-tulisan, gambar, serta suasana hati mereka dapat dibaca oleh banyak orang. Pada proyek pertama ini,  kita akan menciptakan salah satu bentuk website pribadi, yaitu website “My Diary”

- Membuat Website "My Diary"
Website “My Diary” ini didesain dengan nuansa khas warna coklat untuk menciptakan kesan yang soft dan tenang. Sama seperti website- website pada umumnya, website “My Diary” ini dipenuhi gambar  serta teks yang disusun secara hati-hati agar temanya tidak me- lenceng dari tema awalnya.

Berikut langkah-langkah membuat website “My Diary” yang bisa  Anda ikuti:

1. Pertama-tama, siapkan sebuah kanvas baru menggunakan setting berikut

  • Lebar : 720 Pixel
  • Tinggi : 480 Pixel
  • Resolution : 72 Pixel/Inchi



2.Klik ikon warna latar depan dan pilih warna baru dengan rumus #FFF2AD





3.Klik menu Edit > Fill. Pada bagian Use, pilih Foreground Color
4. Tekan tombol OK dan kanvas Anda akan tampak seperti ini



5. Kita akan atur ulang warna latar depannya untuk membuat persegi empat. Klik ikon warna latar depan dan masukkan rumus berikut #FFCC00. Dengan begitu, Anda akan mendapat warna oranye.

6. Klik    Rectangle   Tool
dan buatlah persegi empat seperti gambar berikut ini.

7.Raster bentuk persegi empat ini dengan mengklik menu Layer > Rasterize > Shape.8.Klik Elliptical Marquee Tool dan buatlah bidang seleksi seperti gambar di bawah ini.
9. Tekan tombol Del dan susul dengan menekan tombol Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi.
10. Klik menu Layer > Layer Style >  Drop  Shadow.  Masukkan  setting seperti gambar di bawah ini.

Idealnya, sebuah website pasti dipenuhi oleh tombol-tombol. Dengan menggunakan Dreamweaver MX 2004 nanti, kita akan mengaktifkan tombol-tombol itu sehingga bisa diklik oleh orang lain.

Sekarang, kita akan ciptakan tombol website dengan langkah-langkah berikut ini
  1. Klik  Rounded  Rectangle  Tool
    dan pada bagian Radius, isikan angka 10px
2. Sebelum kita membuat persegi empat dengan sudut tumpul  untuk membuat tombol, aturlah terlebih dulu warna latar depan yang sedang aktif saat ini. Klik ikon warna latar depan dan pilih warna dengan rumus #DAC75E yang akan menghasilkan warna coklat agak tua.
3. Buatlah persegi empat kecil di atas kanvas dan raster jika sudah dengan mengklik menu Layer > Rasterize > Shape. Hasilnya seperti ini :
4.Beri ia sedikit style agar tampak bergaya. Klik menu Layer >  Layer Style > Outer Glow. Masukkan setting seperti berikut ini:
5.Sedangkan untuk warna Glow-nya, Anda bisa memakai warna oranye dengan rumus seperti ini, #FFA00B.
6.Klik check box Stroke untuk menciptakan garis tepi bagi tombol. Masukkan setting seperti gambaran di bawah ini dan khusus untuk warna stroke-nya, kita pilih warna coklat agak tua dengan rumus #A49455.
7.Klik menu Layer > Duplicate Layer untuk membuat tombol dengan desain sama persis dengan tombol yang kita ciptakan  tadi.
8.Lakukan langkah 7 dua kali lagi sehingga praktis kita punya  empat tombol yang sama mirip. Posisikan keempat tombol itu seperti ilustrasi berikut:
9. Sekarang, kita akan bubuhkan sebuah teks di tiap-tiap  tombol web  tersebut.  Klik  Horizontal  Type  Tool    dan aturlah font seperti pengaturan berikut ini :

  •  nama font : Ex Ponto
  • size : 30 pt
  • style : legurer 
10.Untuk tombol pertama, buatlah teks “About”. Setelah mengklik Horizontal Type Tool, ketikkanlah teks tersebut tepat di atas tombol pertama, yaitu tombol teratas.
 
 11.Setelah selesai menulis, tekan tombol Ctrl+Enter.
12.Lakukan langkah 10-11 masing-masing untuk ketiga tombol yang lain. Di tiap-tiap tombol, ketikkan “Gallery”, “Activities”, dan “Links”. Lihat hasilnya berikut ini.
Berikut langkah-langkahnya:

1.       Ambil gambar pensil dari CD yang tersimpan di folder
\project1\image2.jpg. Anda akan melihat gambar seperti ini:
2. Klik  Magic  Wand  Tool  dan klik tepat di bidang putih yang mengelilingi pensil itu 



3. Tekan tombol Shift+Ctrl+I untuk membalik bidang seleksi. Lihat prosesnya seperti gambar di bawah ini:





 4. Tekan tombol Ctrl+C dan beralihlah ke kanvas tempat kita mendesain halaman web tadi.
 5. Susul dengan menekan tombol Ctrl+V untuk mem-paste gambar tersebut.
 6. Mungkin, setelah Anda paste, gambar tersebut masih berukuran cukup besar. Untuk memperkecilnya, klik menu Edit > Free Transform > Scale. Perkecil sesuai selera.



 7. Beri bayangan dengan mengklik menu Layer > Layer Style  >  Drop Shadow. Masukkan setting berikut ini:


 8.  Setelah selesai dengan foto pensil, kita akan memasukkan foto bayi. Caranya, ambil file image1.jpg dari folder \project1\ image1.jpg



 9.  Klik Ctrl+A untuk menyeleksi semua bagian dalam foto anak- anak ini dan susul dengan menekan tombol Ctrl+C untuk mengkopinya ke dalam clipboard.
 10. Pindahlah ke kanvas tempat kita mendesain website dan tekan Ctrl+V untuk mem-paste gambar tersebut. Jika perlu, atur ukurannya agar sesuai dengan ukuran kanvas secara umum.
 11. Set Opacity layer tempat foto anak-anak itu berada ke level 40%.




- Memasukkan Teks


Pada putaran ketiga ini, kita akan memasukkan teks ke dalam desain web. Teks yang kita masukkan ini berjenis bitmap yang tak mungkin bisa diedit menggunakan software-software pengolah kata jika nanti teks tersebut memang akan diedit, seperti menggunakan Notepad, Dreamweaver MX 2004 dan sebagainya.

Pada bagian lain, kita akan belajar cara membuat teks yang bisa diedit menggunakan Dreamweaver MX 2004 atau Notepad.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat teks judul:

 1. Klik ikon warna latar depan dan pilihlah warna kuning dengan rumus #F0FF00.
 2. Klik Horizontal Type Tool  dan pakailah setting huruf seperti ini :
  • Jenis Font :  Edwardian Script ITC
  • Style : Leguler
  • Size : 120 pt
 3. Ketikkan “My Diary” seperti ilustrasi berikut ini :



 4. Klik menu Layer > Layer Style > Outer Glow dan masukkan setting seperti gambar di bawah. Khusus untuk warna outer glow-nya, pakai warna kecoklatan dengan rumus #B59C15.

 5. Kalau sudah, klik check box Stroke dan pakai setting seperti gambar yang tersaji di bawah ini. Untuk warnanya, pilih warna oranye dengan rumus #FFAE00.







- Memasukkan Pernak Pernik


Sebenarnya, kreasi web yang telah kita ciptakan di atas sudah cukup bagus. Tapi sayangnya, kreasi web di atas kurang seramai yang kita inginkan. Untuk menambah keramaian dan keceriaan website tersebut, kita manfaatkan kreasi pernak-pernik yang akan kita ciptakan berikut ini.

Sebenarnya, kita tidak perlu susah-susah untuk menciptakan pernak- pernik di atas mulai dari awal sebab kita hanya memanfaatkan fasilitas Custom Shape dari Photoshop CS.

Inilah langkah-langkahnya:
1.Klik Custom Shape Tool  dari jendela Tools

2. Klik anak panah kecil yang ada di option Shape pada toolbar dan pilih Snowflake 3
3. Atur warna latar depan dengan warna coklat terang berumus #FCEFD3.4.Buatlah bentuk salju di atas desain web, mulai dari pojok kiri atas seperti ilustrasi di bawah ini:
5. Perbanyak bentuk salju itu dengan mengklik menu Layer > Duplicate Layer sampai beberapa kali.6.Bentuk-bentuk salju yang lain dapat Anda modifikasi besar kecilnya sehingga tampak lebih dinamis. Lihat tampilannya berikut ini.
7.Selain salju, kita akan menciptakan pernak-pernik lain, yaitu daun. Klik Custom Shape Tool dan pilih bentuk Leaf 2 seperti gambar di bawah ini.
8. Atur warna latar depan yang aktif dengan warna kuning muda (#F9FDBF) dan buatlah objek leaf 2 di atas kanvas.9. Klik menu Layer > Duplicate Layer sehingga kita punya dua buah daun.
10. Klik  Move  Tool    dan untuk objek daun yang kedua, klik menu Edit > Free Transform > Flip Horizontal. Posisikan di samping kanan daun pertama sehingga akan menjadi seperti ini.
- Hasil Akhir


Beginilah hasil akhir yang akan Anda dapatkan begitu proses desain halaman web menggunakan Adobe Photoshop CS  berlangsung  mulus. Lihat Gambar 1.30. Kita akan menciptakan slice menggunakan Adobe Image Ready dan memasukkan teks serta link-link meng- gunakan Dreamweaver MX 2004.


Simpanlah hasil kreasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu File > Save As.
2. Simpan dengan nama project1.psd dan tekan tombol Save jika sudah.





- Membuat Slice Menggunakan Imageready



Setelah kita merancang desain web, kita akan mengedit hasil rancangan itu menggunakan Adobe ImageReady. Yang akan kita lakukan adalah, memecah satu gambar utuh tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Dari segi loading, memecah gambar besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil cukup menguntungkan karena halaman web ini akan lebih cepat diakses.

Dalam dunia website, fasilitas Slice berfungsi untuk memecah gambar besar menjadi beberapa potong gambar kecil yang tersimpan di  dalam file-file yang terpisah. Beginilah caranya :

1. Pastikan Anda sudah menyimpan desain web tersebut meng- gunakan format PSD.
2. Klik menu File > Edit in ImageReady. Dalam waktu singkat, jendela Adobe ImageReady akan muncul di hadapan Anda.
3. Klik  ikon  Slice  Tool    untuk membuat potongan-potongan kecil pada gambar.4.Cara pakainya cukup sederhana, buatlah bidang persegi empat dan dalam waktu singkat, bagian itu akan berubah warna yang menandakan bahwa bagian itu akan disimpan ke dalam file khusus.
5.Buatlah potongan-potongan segi empat yang lain seperti gambar di bawah ini.
6.Sekarang, kita tinggal menyimpannya saja. Klik menu File > Save Optimized As7.Pada jendela Save Optimized As, buatlah folder baru dengan mengklik  ikon  Create  New  Folder  yang ada di bagian atas jendela tersebut
8.Buatlah folder baru dengan nama Project1 dan pastikan Anda sekarang berada di dalamnya
9.Simpanlah dengan nama project1 dan jangan lupa pada kotak Save as Type Anda pilih HTML and Images (*.htm)
10.Klik tombol Save.




- Mengedit Website Dengan Dreamweaver 2004 MX

Setelah desain web di-slice, saatnya kita melakukan sedikit modifikasi menggunakan Dreamweaver MX 2004. Luncurkanlah software buatan Macromedia ini dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
Kalau sudah begini, Anda bisa memulai melakukan langkah-langkah di bawah ini:1. Klik option Open yang ada di situ.
2. Pilih folder Project1 dan pilih file project1.htm. Setelah itu, tekan tombol Open
3.Anda akan melihat desain web yang kita ciptakan tadi telah berpindah ke dalam jendela Dreamweaver MX 2004.


4. Arahkan kursor mouse tepat di bagian tepi kanan desain web itu dan tekan tombol kiri mouse.5.Dalam sekejap, seluruh tabel berada dalam keadaan terseleksi. Lihat gambar di bawah ini:
6.Pada jendela Properties, pilih option Center yang ada di bagian Align. Dengan demikian, seluruh tabel berada di tengah-tengah kanvas Dreamweaver MX 2004.7.Sekarang, kita akan memasukkan teks ke tengah-tengah desain web. Pada tahap permulaan, klik bagian tengah website  yang  dulu kita ciptakan menggunakan slice sampai terpilih. Lihat ilustrasi berikut:
8.Berhubung berbentuk gambar, bagian ini akan kita hilangkan terlebih dulu. Amati di bagian jendela Properties dan catat nilai yang ada di sisi W dan H ke dalam notepad, kertas, atau buku catatan Anda. Dalam contoh ini, nilai W dan H masing-masing adalah 270 dan 337.9.Tekan tombol Del sehingga bagian yang terseleksi akan hilang. Sebagai akibatnya, sel yang berada di sebelah kanannya akan bergeser ke arah kiri. Hal ini terjadi karena kita menghapus sel yang kita seleksi tadi. Tidak apa-apa saat ini sebab kita akan memperbaikinya nanti.
10. tadi. Sekarang, arahkan kursor Anda ke jendela Properties dan masukkan ukuran sel sebelum kita menghapusnya tadi. Buka lagi catatan Anda dan masukkan ke kotak W dan H yang ada di  jendela Properties itu. Dalam contoh di atas, ukurannya adalah 270 dan 337. Dengan demikian, ukuran sel akan kembali seperti asal.



11.Masih dalam jendela Properties, klik option Vert dan pilih Top
12. Agar warna sel yang kita hapus tadi sama dengan warna-warna yang ada di sekelilingnya, klik kotak warna Bg yang ada  di  jendela Properties.

 13.Arahkan kursor ke arah warna yang ada di sekeliling tempat itu dan tekan tombol kiri mouse. Secara otomatis, sel tersebut akan memiliki warna yang sama





 14. Ketikkan teks di dalam kotak tersebut. Tuliskan sesuka hati Anda

 Catatan :
Saat Anda mengetik teks, mungkin layout website ini akan tampak berantakan seperti gambar di bawah ini. Untuk menyiasatinya, setelah Anda selesai mengetikkan sebuah kalimat, tekanlah tombol Del untuk mengembalikan layout yang berantakan tadi ke bentuknya yang normal.


Tapi, jika Anda menekan tombol Del dan ternyata layout website masih tetap berantakan, berarti ukuran teks tersebut lebih besar dibanding ukuran sel yang Anda tempati. Dalam kasus seperti ini, Anda harus memodifikasi teks tersebut agar benar-benar pas di  dalam sel









 - Membuat Link


Idealnya, sebuah website pasti memiliki link. Di situ ada beberapa tombol yang akan kita jadikan sebuah link. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
 1. Klik gambar About sampai berada dalam keadaan terseleksi
 2.Pada bagian Link yang ada di jendela Properties, masukkan alamat web atau nama file website yang akan dituju jika gambar itu  diklik,  misalnya about.htm



 3.. Tekan Enter jika sudah



Setelah proses ini Anda lakukan, Anda bisa menciptakan link untuk gambar-gambar yang lain, seperti Gallery, Activities, dan Links


Setelah selesai, klik menu File > Save

 - Membuat Halaman Web Baru


Karena sudah ada link, maka kita bisa menciptakan halaman  web yang baru. Dengan demikian, begitu link itu diklik, halaman web about.htm yang kita tuju akan diakses.


Caranya cukup gampang, ganti saja teks yang tadi kita buat lalu simpanlah dengan nama about.htm. Selesai sudah



Share:
;}

Support

VIDEO

SPEKTAKULER