-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"
Sedang Proses...Orang Sabar Banyak Rejeki, Complete 90%.... Tunggu...Loadingnya Hampir 100% ................................................... ..................... ......
loading...

Saturday, 31 August 2019

cara mengobati sakit gigi Tradisional dan Obat Kimia

cara mengobati obat sakit gigi di rumah

 

 

 1.  Kumur Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat dan ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur air garam. Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi. Sebelum berkumur, Anda bisa flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

2. Kompres Es

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan kompres es. Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa. Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi Anda. Catatan: pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu.

3. Kunyah Bawang Mentah

Jika ngilunya tidak seberapa, mungkin cara mengobati sakit gigi yang satu ini bisa Anda coba. Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang. Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

4. Minyak Cengkeh

 

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara. Namun, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif. Amannya tuangkan dulu dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas, kemudian tempelkan di gigi yang bermasalah. Kompres sampai rasa sakitnya mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan di lokasi gigi yang sakit. Setelahnya, kumur untuk membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dalam mulut.


Cara mengobati sakit gigi pakai obat kimia

 

1. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab radang gusi.

Caranya cukup larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur-kumur selama 30 detik. Setelahnya segera buang dan kumur lagi dengan air bersih. Ingat, cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya bisa melukai mulut dan gusi.

Selain sebagai cara mengobati sakit gigi, obat kumur ini juga dapat mengusir bau mulut yang jadi tanda infeksi gusi.

2. Paracetamol

Kemungkinan besar, Anda pasti punya persediaan paracetamol di rumah untuk berjaga-jaga kalau sakit. Nah, obat ini juga bisa membantu meredakan sakit gigi, lho!

Paracetamol termasuk golongan NSAID yang bekerja meredakan nyeri akibat peradangan. Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi. 

Namun apabila Anda punya alergi atau masalah serius pada hati, Anda tidak dianjurkan untuk minum obat sakit gigi ini. Maka pastikan Anda membaca cara pakainya terlebih dulu pada label kemasan.

3. Ibuprofen

Sama seperti acetaminophen, ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi beserta masalah penyerta lainnya. Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

Jangan pula sembarangan mendobel dosis dengan tujuan agar lebih cepat sembuh. Cara ini tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi, pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta dosis yang dianjurkan sebelum mengonsumsi obat ini.

Jika rasa sakit sudah menghilang, sebaiknya segera hentikan memakai obat ini. 

4. Naproxen

Naproxen adalah obat pereda nyeri yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Contoh merek obat naproxen adalah Xenifar.

Namun, Anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping umum yang sering kali terjadi jika meminum obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

Apabila Anda disarankan menjalani operasi gigi, cabut gigi misalnya, beri tahu dokter dulu bahwa Anda sedang rutin mengonsumsi naproxen.

 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

loading...

.............Radio Streaming.............


Add Request Song to Live Streaming

PERATURAN

GRATIS BERLANGGANAN

Isikan Alamat Email:

Berlangganan Gratis

PENDIDIKAN

SPEKTAKULER