-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"
close

Monday, 1 April 2019

www.google.com


Mengenal Google


Seperti pernah dijelaskan sebelumnya, searching dapat dikatakan sebagai kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Searching dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan mesin situs pencari (search engine). Situs pencari yang paling populer adalah Google, dengan nama domain www.google.com. Kita dapat mencari file, halaman web, gambar, atau berita tertentu menggunakan Google. Google mampu melakukan pencarian dengan cepat dengan hasil yang cukup memuaskan. Google akan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna. Namun 
tidak selamanya apa yang dicari oleh pengguna ditemukan, ber- gantung pada ketersediaan informasi tersebut di internet.

  1. Jalankan browser Anda
  2. Ketikkan www.google.com pada Address Bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan halaman depan Google kurang lebih seperti berikut: 

     



    Mengubah Tampilan Google
Pada Gambar 3.1 terlihat bahwa bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Sebetulnya tampilan Google dapat berbeda-beda bergantung pada keinginan penggunanya. Kita dapat mengubah tampilan Google menjadi berbahasa Indonesia atau bahkan Bahasa Jawa.

Untuk mengubah tampilan Google, ikuti langkah berikut:


  1. Jalankan browser Anda, lalu ketikkan www.google.com pada Address Bar. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan halaman depan Google.
  2. Klik hyperlink bertuliskan preferences (lihat bagian yang di- lingkari pada Gambar 3.1). Hyperlink dapat juga berupa sebuah tulisan, tombol, atau gambar yang dapat diklik. Hyperlink biasa- nya terhubung dengan halaman web tertentu 
 

3. Kemudian Pilih Tools yang ingin anda robah kemudian Save
 

Menggunakan Language Tools di Google




Google juga menyediakan fasilitas khusus untuk pengolahan bahasa yang disebut Language Tools. Pada Langguage Tools, kita dapat me- lakukan translasi kalimat dalam bahasa tertentu menjadi bahasa lainnya sesuai pilihan kita.
Untuk menggunakan Language Tools, lakukan langkah berikut:
  1. Jalankan browser Anda, lalu ketikkan www.google.com pada Address Bar. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan halaman depan Google  seperti gambar diatas.
  2. Klik hyperlink bertuliskan Language Tools, Akan muncul halaman web  
  3. Pilihlah bahasa dalam web yang diinginkan pada bagian Search pages written in. Jika Anda hanya ingin mencari halaman web yang berbahasa Jepang, maka pilihlah kata Japanese pada bagian ini. 
  4. Tentukan lokasi web yang akan dicari pada bagian Search pages located in. Jika Anda hanya ingin melakukan pencarian pada halaman web yang berlokasi di Indonesia, maka pilihlah kata Indonesia pada bagian ini 
  5.  Kemudian Save


Melakukan Pencarian dengan Google

Untuk melakukan pencarian dengan Google, ikuti langkah berikut:

  1. Jalankan browser Anda, lalu ketikkan www.google.com pada Address Bar. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
  2. Ketika muncul tampilan seperti diatas masukkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia. Misalkan kita ingin mencari halaman web yang mengandung kata sipituama.com, maka ketikkanlah kata itu pada kotak isian yang disediakan 
  3. Tekan tombol Enter pada keyboard. Google akan melakukan pencarian dan segera menampilkan hasilnya. Contohnya: 
  4. Klik salah satu hyperlink hasil pencarian untuk menuju ke ha- laman web yang dimaksud.



Pencarian Canggih




Google juga menyediakan fasilitas pencarian yang lebih canggih sehingga kita dapat menentukan hasil pencarian secara lebih baik. Kita dapat menentukan format file yang dicari dengan fasilitas ini.

Contoh: Misalkan kita ingin mencari slide presentasi dalam Buku mengenai Buku Matematika. Kita ingin agar Google melakukan pencarian secara tepat serta hanya mencari di halaman web yang berbahasa Indonesia saja. Untuk melakukannya gunakan langkah berikut:






  1. Jalankan browser Anda, lalu ketikkan www.google.com pada Address Bar. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
  2. Klik  bertuliskan More. Maka akan muncul tampilan diatas.
  3. Ketikkan kata buku matematika 
  4. Lihat Hasilnya seperti Gambar diatas. 



Share:

0 komentar:

Post a Comment

;}

Support

VIDEO

SPEKTAKULER