-->

SIPITUAMA

"Sistem Informasi Penyajian Ilmu Teknologi, Uni Akademis, dan Manajemen Administrasi"
close

Saturday, 5 January 2019

Panduan Praktis Belajar Komputer

MENGENAL KOMPUTER

Sebelum   kita   menggunakan  komputer, sebaiknya  kita   mengenal terlebih  dahulu apa yang disebut dengan komputer. Pengenalan ini penting agar kita  bisa  menggunakan komputer tersebut dengan sebaik-baiknya, berdaya guna tinggi  dan tepat guna.


Sistem Komputer



Umumnya, apa  yang  disebut orang  sebagai  “komputer”  adalah se- perangkat alat  yang terdiri  dari  CPU,  monitor, dan  keyboard. Ada  juga yang menyatakan  bahwa CPU-lah   yang disebut komputer, sementara alat-alat yang lain  adalah pelengkapnya, dengan nama sendiri-sendiri seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan  lain-lain.

Sebenarnya,  pengertian  komputer  lebih   tepat  jika   disebut  sebagai sistem komputer. Sistem komputer terdiri  dari  tiga  perangkat (peranti), yaitu:
  • ƒ    Perangkat keras (hardware),
  • ƒ    Perangkat lunak (software), dan
  • ƒ    Manusia (brainware).

Alat-alat  yang  disebutkan  di   atas  adalah  contoh  perangkat  keras. Sistem   komputer   tidak   bisa    berjalan   hanya   dengan   salah   satu perangkat, tetapi memerlukan ketiga-tiganya.



Perangkat Keras

Perangkat keras komputer yang kita  kenal bisa  digolongkan dalam tiga kelompok:
  • ƒ    Peranti masukan (input device);
  • ƒ    Peranti pengolah (processing unit);
  • ƒ    Peranti keluaran (output device).

Peranti masukan adalah peralatan yang kita  gunakan untuk memasuk- kan  data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan  scanner.



Peranti pengolah adalah  peralatan  yang melakukan  pengolahan  data menjadi informasi, atau  yang  menjadi “otak”   mesin komputer dalam melaksanakan  perintah  yang  diberikan.  Peranti  pengolah  ini  sering disebut CPU (central processing unit/unit pengolah pusat) atau disebut juga  processor.

Peranti keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, printer, dan  speaker.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa yang sering disebut-sebut CPU  itu  sebenarnya  adalah  bagian komputer yang melakukan peng- olahan data  (processor),  berbentuk chip,   dan  dikenal  dengan  nama merk seperti Intel Pentium, Intel Celeron, AMD Athlon, dan sebagainya.




Gambar 1-1.  Perangkat keras komputer

Adapun “badan” (casing) komputer yang biasa disebut CPU tidak  hanya mengandung   processor,  tetapi   juga    mengandung  mainboard   (atau disebut juga mother-board), diskette drive,  CD drive, harddisk, memory (RAM),  VGA  card,  sound card,  LAN  card  (atau  disebut juga  Ethernet card), modem, dan  sebagainya.



Komponen-Komponen Perangkat Keras

Berikut ini  sedikit dijelaskan tentang fungsi  beberapa perangkat keras dan  komponen-komponen yang umum kita  gunakan:

Keyboard           :    sebagai tempat memasukkan (mengetik) data, bisa juga  untuk memberikan perintah.

Mouse                  :    sebagai   alat   penunjuk/menggerakkan   penunjuk  di layar  dan  untuk memberikan perintah.

Scanner             :    sebagai    alat     untuk   memasukkan   data   berupa gambar/foto.

Monitor                :    disebut  juga   layar   komputer, berfungsi untuk me- nampilkan informasi yang dapat dilihat.

Printer                  :    digunakan untuk mencetak data/informasi pada ker- tas.
Speaker             :    berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara. Processor           :    sebagai  pusat pengolah data dan pengendali  kerja
perangkat lainnya.

Mainboard          :    sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan  komponen-komponen lainnya dipasang.

Diskette Drive     :    disebut juga floppy drive, yaitu  tempat memasukkan floppy   disk   (disket).  Berfungsi membaca  dan   me- nulis data pada disket.

CD Drive              :    tempat memasukkan CD,  berfungsi membaca dan/ atau  menulis data pada  CD/VCD.

Harddisk              :    adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada di  dalam casing (badan)  komputer dan   jarang  di- pindah-pindahkan (disebut juga fixed  disk). Umum- nya  semua program dan  data disimpan dalam hard- disk.

Memory (RAM)  :    adalah tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan   dari    Random   Access   Memory,   yaitu memory yang  bisa   diakses secara acak  oleh   pro- cessor.



VGA Card          :    adalah   komponen   yang   berfungsi  menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.

Sound Card          :    adalah  komponen  yang  berfungsi mengolah  data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker.

LAN Card           :    adalah   komponen   yang   akan   menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. LAN Card  tidak selalu ada  pada  komputer, dan   dipasang  jika   di- perlukan  saja.   LAN   singkatan   dari    Local    Area Network.

Modem               :    adalah  komponen  yang  diperlukan jika   kita   ingin koneksi  ke    internet, atau  untuk  mengirim data melalui  jaringan  telepon.  Modem tidak   selalu ada pada komputer, dan  dipasang jika diperlukan saja.

Stabilizer              :    berfungsi  menstabilkan  arus   listrik   sehingga  arus yang masuk ke  dalam power  supply komputer tidak terlalu naik-turun yang bisa  menyebabkan kerusak- an peralatan elektronik dan  data.

UPS                      :    berfungsi  untuk  mencegah  komputer  mati   ketika terjadi  pemadaman   arus    listrik   mendadak.  Pada waktu  listrik   padam,  UPS   otomatis  menyediakan daya listrik  untuk komputer dalam waktu tertentu. UPS singkatan dari Uninteruptable Power  Supply.


Port-Port Komputer

Selain komponen-komponen,  perlu  juga  diketahui bahwa pada bagian belakang  komputer  (umumnya)  tersedia  port-port di  mana kita   me- masang atau menyambungkan kabel peralatan lainnya.



Port-port yang umum tersedia adalah:
  • ƒ    Port untuk memasang keyboard dan mouse (dari  mainboard),
  • ƒ    Port untuk memasang kabel monitor (dari  VGA Card),
  • ƒ    Port paralel (LPT),  biasanya untuk memasang kabel printer,
  • ƒ    Port   serial   (COM),   biasanya  untuk  memasang  perangkat  komu- nikasi,
  • ƒ    Port modem, tempat memasang kabel telepon,
  • ƒ    Port LAN, tempat memasang kabel jaringan,
  • ƒ    Port  USB,  jenis  port  terbaru yang bisa  digunakan untuk bermacam- macam keperluan, seperti untuk kabel printer, kabel kamera digital, dan  lain-lain,
  • ƒ    Jack (colokan) untuk speaker, microphone, dan  sebagainya.


Media Penyimpanan (Storage)

Komponen perangkat keras berupa disket, harddisk, CD/DVD  disebut juga  sebagai media penyimpanan (storage). Disebut media karena berfungsi  sebagai  wadah atau  tempat  penampungan.  Kita   bisa   me- nyimpan data pada media disket, harddisk, dan  CD/DVD  tanpa takut kehilangan akibat tidak  adanya arus listrik.

Media  penyimpanan  bisa   berfungsi  ganda, yaitu   sebagai  peranti ma- sukan (menyediakan data untuk diolah   oleh  processor) dan  sekaligus sebagai  peranti keluaran  (menyimpan  data/informasi  yang  sudah  di- olah).


Perangkat Lunak

Perangkat  lunak  (software)  adalah  program-program  yang  telah  di- pasang  (install) pada  komputer  dan   berfungsi mengendalikan  kerja komputer.  Tanpa  perangkat  lunak,  sebenarnya  komputer  hanyalah sebuah mesin yang tidak  bisa  apa-apa.



Perangkat lunak umumnya digolongkan ke  dalam tujuh  kategori besar, dan   di  bawah  kategori  ini  ada  juga   pengelompokan  menurut  jenis- jenisnya. Jenis  perangkat  lunak  selalu  berkembang  sesuai  dengan perkembangan kebutuhan manusia dalam menggunakan komputer. Semakin  banyak  ragam  program  komputer  yang  dibuat,  semakin banyak pula kemampuan yang bisa dilakukan oleh  komputer.

Penggolongan perangkat lunak menurut kategorinya adalah:
  • ƒ    Sistem Operasi (Operating System)
  • ƒ    Bahasa Pemrograman (Programming Language)
  • ƒ    Program Aplikasi (Application Program)
  • ƒ    Program Paket (Package Program)
  • ƒ    Utilitas  (Utility)
  • ƒ    Permainan (Games)
  • ƒ    Multimedia

Sebenarnya, kategori ke-2 sampai 7 bisa  digolongkan sebagai aplikasi karena  program-program  tersebut  berjalan  di   atas  sistem  operasi. Dengan kata lain,  sistem operasi harus dipasang  dan  dijalankan lebih dulu  pada komputer sebelum bisa menjalankan program aplikasi.


Sistem Operasi

Sistem  operasi  adalah  program  utama  yang  langsung  berinteraksi dengan  bahasa  yang  dikenal oleh   mesin komputer (bahasa  mesin). Pemakaian  processor,  memory,  harddisk dan  sebagainya  diatur oleh sistem operasi.

Jenis-jenis sistem operasi yang sangat terkenal antara lain:
  • ƒ    DOS (Disk Operating System)
  • ƒ    Windows
  • ƒ    Linux

Umumnya sistem operasi yang disebutkan di atas bisa kita  pasang pada komputer yang biasa kita  kenal (komputer desktop dan  laptop). Untuk komputer jenis  lain digunakan sistem operasi yang lain pula.

Ragam sistem  operasi  juga   ditentukan oleh   perusahaan pembuatnya serta versi  keluarnya. Untuk  sistem operasi DOS  kita  mengenal PC-DOS (dari   IBM), MS-DOS   (dari  Microsoft) dan  sebagainya. Untuk  Windows (dibuat  oleh   Microsoft)  kita   mengenal  Windows    98,   Windows  NT, Windows  2000,   Windows  XP,   Windows   ME,   Windows 2003  dan sebagainya. Untuk  Linux kita  mengenal distro  (distribution) SuSe, Mandrake, RedHat dan  sebagainya.

Ada pula sistem operasi yang umumnya dipasang pada komputer merk tertentu saja, seperti Macintosh. Sistem operasi ini dipasang pada komputer  merk  Apple   (pembuat  sistem  operasi  dan   pembuat  kom- puternya sama). Sistem operasi ini biasanya dipakai untuk pekerjaan- pekerjaan desain grafis, seperti pada setting percetakan.






Gambar 1-2.  Tampilan sistem operasi Windows



Bahasa Pemrograman

Bahasa  pemrograman  adalah  bahasa  yang  dipakai  untuk membuat program komputer. Dengan bahasa pemrograman kita  bisa  menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh  komputer sehingga meng- hasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai keinginan kita.

Bahasa  pemrograman  yang  umumnya  kita   kenal  sekarang  adalah bahasa  tingkat tinggi,   di  mana  kata-kata  perintahnya sudah  meng- gunakan bahasa manusia (Bahasa Inggris).

Di dalam pembuatan program, saat ini kita  tidak  lagi  hanya menyusun perintah-perintah dalam  teks,  tetapi juga dibantu dengan  alat   desain visual   yang otomatis akan membuatkan perintah program. Gabungan dari  bahasa  pemrograman  dan   alat  desain  visual    tersebut  dikenal dengan istilah  development tools (alat pengembangan).



Macam-macam development tools  yang terkenal antara lain:
  • ƒ    Visual Basic
  • ƒ    Visual FoxPro
  • ƒ    Delphi



Gambar 1-3.  Membuat program dengan Visual FoxPro



Program Aplikasi

Program aplikasi adalah  program yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data pasien di rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan  sebagainya.

Program aplikasi sangat banyak ragamnya karena disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pembuat atau pemesannya.



Gambar 1-4.  Tampilan sebuah program aplikasi untuk toko swalayan



Program Paket



Program paket adalah gabungan dari  beberapa program aplikasi yang dipaket   menjadi   satu   kesatuan   untuk   menangani   suatu   bidang pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh program paket yang terkenal adalah Microsoft  Office,  di mana di dalamnya terdapat program untuk mengolah   kata   (Word),  program   untuk  perhitungan  dan    tabulasi (Excel),   program   untuk   presentasi   (PowerPoint)  dan    sebagainya. Microsoft   Office  dibuat untuk memenuhi kebutuhan perkantoran  pada umumnya.

Ditinjau   dari   bidang  pekerjaan  yang  ditangani,  program  paket  bisa dibedakan antara lain menjadi:
  • ƒ    Aplikasi Perkantoran, seperti: Microsoft  Office dan  StarOffice
  • ƒ    Aplikasi Database, seperti: Oracle dan   SQL Server
  • ƒ    Aplikasi Graphics, seperti: PhotoShop dan CorelDraw!



Gambar 1-5.  Program-program yang tersedia pada Microsoft Office



Utilitas



Utilitas  adalah program-program bantu yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi  komputer,  menjaga  komputer  dari   serangan  virus   dan



hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis  ini umum- nya   tidak   banyak  melibatkan pemakai  dalam  penggunaannya,  tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah atau fungsinya.

Contoh program utilitas   yang terkenal yaitu:   Windows Explorer,  Anti- Virus, Backup, Disk Defragmenter dan  lain-lain.



Gambar 1-6.  Program anti  virus sedang mendeteksi virus komputer



Permainan

Permainan  adalah  program-program  yang dibuat untuk menampilkan permainan  interaktif pada  layar   komputer. Jenis  program ini  sangat banyak ragamnya, bahkan sampai setara dengan simulasi dunia nyata. Saat ini telah banyak dibuat program permainan yang dapat dimainkan secara  bersama-sama  oleh   banyak  orang  melalui jaringan  komputer lokal  maupun internet.

Contoh program permainan yang umumnya kita  kenal antara lain:
  • ƒ    Solitaire (tersedia pada Accessories Windows)
  • ƒ    Counter Strike  (umumnya dimainkan di game-game center)
  • ƒ    Kurusetra (terkenal  sebagai  game  internet asli  buatan anak Indo- nesia)






Gambar 1-7.  Tampilan program permaian FreeCell



Multimedia

Program multimedia meliputi program-program untuk memainkan musik/lagu, memutar film/video, menangkap  siaran radio/televisi dan sebagainya. Program jenis  ini berupaya memanfaatkan komputer untuk menggantikan perangkat-perangkat  elektronika lainnya, atau mengen- dalikan pemakaian peralatan lain tersebut sehingga lebih berdaya guna.

Contoh program multimedia yang biasa kita  kenal antara lain:
  • ƒ    WinAmp  (umumnya digunakan untuk memainkan lagu MP3)
  • ƒ    Jet-Audio  (bisa  memainkan  berbagai  format lagu   serta memutar video)
  • ƒ    RealPlayer (bisa menangkap siaran radio  dan  TV dari internet).




Gambar 1-8.  Tampilan program Jet-Audio



Manusia

Manusia  adalah   unsur  yang   paling   menentukan  di   dalam  sistem komputer, karena manusia mempunyai otak (brain) yang dinamis dan bisa  membuat kebijaksanaan. Manusia bisa  mempertimbangkan banyak elemen sekaligus dalam membuat keputusan, termasuk menggunakan intuisi.   Hal  inilah   yang  tidak   dimiliki   oleh   perangkat  keras  maupun perangkat lunak komputer.



Sebagai pemakai komputer, manusia digolongkan dalam tiga  kategori, yaitu:
  • ƒ    System   Analyst, yaitu   orang  yang  menganalisa  kebutuhan  dan menentukan bagaimana sistem komputer bisa  memenuhi kebutuhan tersebut;
  • ƒ    Programmer,  yaitu  orang yang menyusun perintah-perintah dalam bahasa  pemrograman  sehingga  komputer  bisa   melakukan  tugas untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan;
  • ƒ    Operator,   yaitu   pemakai  atau  orang yang  menjalankan program yang telah dibuat oleh  programmer. Pemakai komputer yang kita kenal  umumnya  tergolong  kategori  ini   karena  tidak  menyusun sendiri programnya tetapi langsung menggunakan. Istilah  lain  untuk pemakai adalah user  (pemakai).




Gambar 1-9.  Pemakai komputer



Jaringan Komputer dan Internet

Pada umumnya, komputer yang kita  gunakan atau yang sering kita  lihat di  rumah-rumah  adalah  komputer  yang  berdiri   sendiri, artinya  tidak berhubungan dengan komputer lainnya. Komputer yang berdiri  sendiri ini disebut komputer stand-alone.

Sebenarnya  komputer-komputer  bisa   saling berhubungan antara  satu dengan  yang  lain.   Komputer-komputer  yang  saling  berhubungan  di- sebut jaringan komputer (network). Jaringan ini bisa  meliputi area yang kecil,  misalnya untuk satu kantor saja, yang disebut local  area network (LAN).  Ada juga  jaringan komputer yang luas, misalnya meliputi satu kampus atau satu daerah, yang disebut wide area network (WAN).

Kegunaan jaringan komputer antara lain:
  • ƒ    Bisa  saling bertukar data atau informasi secara langsung,
  • ƒ    Bisa  memanfaatkan peralatan yang dipasang pada komputer lain,
  • ƒ    Bisa  mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama.



Jaringan  komputer yang meliputi seluruh dunia yang sangat  terkenal adalah internet. Melalui  internet orang di seluruh dunia bisa  saling berhubungan, saling bertukar data/informasi, bermain bersama dan se- bagainya.



Jika komputer kita  ingin  dihubungkan  dengan komputer  yang lain, kita harus memasang  perangkat jaringan, misalnya memasang  LAN  Card dan   menghubungkan komputer tersebut dengan kabel jaringan. Jika komputer kita  ingin  dihubungkan dengan internet, kita  bisa  memasang modem dan  berlangganan koneksi internet pada perusahaan penyedia jasa  internet (Internet Service Provider/ISP).



Gambar 1-10. Tampilan sebuah situs web di internet
Share:
;}

Support

VIDEO

SPEKTAKULER